SILABUS
Aspek : Seni Rupa
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Kelas : VIII
(delapan)
Kompetensi Inti
KI
1 : Menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa
ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,
gotong
royong dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami
dan menerapkan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Nilai
Karakter |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar |
||||||||
3.1. Memahami konsep dan prosedur menggambar model
pada berbagai bahan dan beragam teknik 4.1. Menggambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik |
3.1.1
mampu M menjelaskan pengertian, objek gambar,
komposisi, proporsi,keseimbangan ,
media dan teknik dalam menggambar model 3.1.2
Mampu
membedakan karakteristik objek gambar
model 4.1.1 .Mampu menghasilkan karya
gambar model lingkungan
sekitar kita dengan menerapkan teknik arsir 4.1.2 Mampu menentukan
teknik ·
Menggambarmodel menerapkan
teknik aquarel/plakat tema keaneka ragaman flora |
Menggambar
model ·
Faktual MengMengamati gambar dengn ppenerapoan
teknik yang digunakan. ·
Konseptual pengertian,
objek gambar, komposisi,
proporsi,keseimbangan , media dan
teknik dalam menggambar model ·
Prosedural Menggambar Model mulai penentuan tema
sampai Finishing |
·
Melihat gambar model dengan teknik dan media yang
berbeda ·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar model · Menanyakan
media apa yang dapat digunakan dalam menggamabr model · Menanyakan teknik
gambar model dengan bahan
pensil, krayon, cat air dan cat minyak · Mencari konsep dan prosedur menggambar model · Bereksperimen dengan
beragam teknik dan media · Mencari informasi langkah-langkah menggambar model dengan tema menggambar
lingkungan sekitar kita · Membandingkan konsep dan prosedur menggambar model dalam berbagai teknik dalam seni rup · Mempresentgasikan
hasil karya Meggambar ilustrasi teknik arsir dan warna (aquarel/plakat) |
Mandiri Tanggung
jawab Kerjasama |
Pengetahuan ·
Berdiskusi tentang prosedur menggambar model Keterampilan: ·
Membuat gambar modet
tema lingkungan sekitar kita dengan menerapkan teknik arsir ·
Membuat gambar model
dengan menerapkan teknik aquarel/plakat tema keaneka ragaman flora |
12JP 15 JP |
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII ·
Buku-buku lain yang relevan · Informasi
melalui internet · Pameran karya
seni rupa |
||||||||
3.2. Memahami konsep dan prosedur menggambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital 4.2. Menggambar
illustrasi dengan teknik manual atau digital |
3.1.1 Mampu menjelaskan pengertian, objek gambar,
komposisi, proporsi,keseimbangan ,
media dan teknik dalam menggambar ilustrasi 3.1.2
Mampu membedakan jenis-jenis gambar ilustrasi 4.1.1 mampu
menghasil
kan gambar ilustrasi sesuai fungsinyadengan tema tema Budaya Hidup
Sehat 4..2 Mampu menentukan teknik menggambar ilustrasi tema Budaya Hidup Sehat |
·
Faktual MengMengamati gambar ilustrasi dengan berbagai jenis dan teknik
penerapoan yang digunakan. ·
Konseptual pengertian,
objek gambar, komposisi,
proporsi,keseimbangan , media dan
teknik maupun pesan yang
disampaikan dalam menggambar ilustrasi ·
Prosedural Menggambar ilustrasi mulai penentuan
tema sampai Finishing menggaambar illustrasi dengan teknik
manual atau digital |
·
Melihat gambar illustrasi dengan teknik manual dan digital ·
Membaca buku tentang konsep dan prosedur menggambar illustrasi · Menanyakan teknik apa yang
dapat digunakan dalam menggambr illustrasi · Menanyakan teknik
gambar illustrasi · Menayakan tentang jenis-jenis gambar ilustrasi · Menanyakan fungsi gambar ilustrasi · Menghubungkan
antara konsep dan prosedur menggambar illustrasi · Mencari prosedur menggambar illustrasi · Bereksperimen dengan
beragam teknik baik media kering dan basah yang sesuai dengan
tema Budaya Hidup
Sehat · Membandingkan prosedur
menggambar illustrasi berbagai jenis ikustrasi ·
Mempresentasikan Meggambar ilustrasi jenis karya
sastra dengan tema Budaya Hidup Sehat |
Pengetahuan: · Penugasan Membuat
kritik seni secara sederhana minimum
200 kata tentang gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital Ketrampilan: ·
Penugasan Menggambar lustrasi jenis karya sastra
dengan membuat cerita cerpen Budaya Hidup Sehat terlebih dahulu, ·
Projek · Membuat gambar illustrasi denga menerapkan
teknik aquarel atau plakat tema Budaya Hidup Sehat |
Pengetahuan ·
Menjawab soal teori tentang gambar ilustrasi Keterampilan: ·
Membuat gambar ilustrasi dengan tema budaya Hidup yang
sehat dengan menerapkan teknik arsir |
12 JP 12 JP |
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII ·
Buku-buku lain yang relevan ·
Informasi melalui internet ·
Pameran karya seni rupa |
|
|||||||
3.3. Memahami konsep dan prosedur penerapan membuat Poster dengan teknik manual 4.3. Menerapkan gambar poster dengan dengan teknik manual
dan tema yang ditentukan |
3.3.1 mampu M menjelaskan pengertian,poster, prinsip
membuat poster, media dan teknik dalam menggambar poster 3.3.2
Mampu
membedakan jenis-jenis poster dan fungsinya 4.3.1 .Mampu menghasilkan karya
gambar poster lingkungan
sekitar kita dengan menerapkan teknik arsir 4.3.2 Mampu menentukan
teknik Menggamb poster menerapkan
teknik aquarel/plakat |
·
Faktual MengMengamati poster dengn penerapoan teknik baik digital maupun
manual. ·
Konseptual pengertian,
objek gambar, komposisi,
proporsi,keseimbangan , media dan
teknik dalam menggambar Poster.
Jenis-jenis poster menurut fungsinya ·
Prosedural Menggambar Poster manual mulai
penentuan tema sampai Finishing Penerapan Teknik membuat Poster
Digital dengan media HP maupun lap top |
·
Melihat gambar dengan berbagai teknik membuat poster
non komersial · Membaca buku
tentang konsep dan prosedur membuat membuat jenis jenis Poster · Menanyakan
cara membuat Poster · Menanyakan makna /isi pesan poster yang bertema Penanggulangan sampah
dilingkungan Sekolah Mengumpulkan
Informasi ·
Mendiskusikan konsep dan prosedur
membuat Poster ·
Mencari unsur Poster Menalar/Mengasosiasi ·
Menghubungkan
gambar Poster dengan Lingkungan sekitar · Membandingkan konsep dan prosedur gambar Poster dalam kehidupan sosial
budaya di masyarakat ·
Membuat Poster
jenis non komersial · Mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya yang dikerjakan |
Pengetahuan: · Penugasan · Berdiskusi secara kelompok tentang hasil pengamatan gambar Posternon
komersial dengan Tema Penanggulangan sampah dilingkungan Sekolah Ketrampilan: ·
Projek Membuat Poster non komersial dengan
teknik plakat tema Lingkungan |
Pengetahuan ·
Berdiskusi tentang prosedur menggambar poster Ketrampilan · Membuat gambar
Poster non komersial dengan menerapkan teknik aquarel/plakat Penanggulangan
sampah dilingkungan Sekolah |
12 JP |
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII ·
Buku-buku lain yang relevan ·
Informasi melalui internet ·
Pameran karya seni rupa |
|
|||||||
3.4. Memahami konsep
dan prosedur menggambar Komik dengan manual maupun Digital 4.4. Menerapkan Gambar Komik dengan teknik manual maupun
digital |
3.4.1mampu M menjelaskan pengertian,komik , prinsip
membuat komik, media dan teknik dalam menggambar komik 3.1.2
Mampu
membedakan jenis komik Strip 4.4.1 .Mampu menghasilkan karya
gambar komik digital dengan teknik comik strip pada handphon tema
Penanggulangan sampah 4.2 Mampu menentukan
teknik Menggamba komik |
·
Faktual Mengamati
gambar komik dengn Cerita maupun
pesan yang disampaikan ·
Konseptual pengertian,
objek gambar, komposisi,
proporsi,keseimbangan , media dan
teknik dalam menggambar komik Strip ·
Prosedural Menggambar Komik mulai penentuan tema
sampai Finishing Teknik
meggambar komik digital dengan Aplikasi Comic Strip |
· Melihat gambar
berbagai jenis komik · Membaca buku
tentang konsep dan prosedur cara
menggambar komik · Menanyakan teknik manual dan digital menggambar komik ·
Mendiskusikan konsep dan prosedur
gambar komik dengan teknik digital maupun manual ·
Bereksperimen menerapkan comik digital aplikasi comik
strip tema PPK ·
Menghubungkan antara konsep dan prosedur gambar komik. ·
Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh ·
Mempresentasikan secara lisan atau tulisan
mengenai karya komik yang
dikerjakan |
Pengetahuan: · Penugasan Menjawab pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar komik Keterampilan: ·
Penugasan ·
Membuat komik dengan penerapan teknik digital tema PPK ·
Projek Membuat komik
manual. |
Pengetahuan ·
Berdiskusi tentang prosedur menggambar komik. Mengerjakan soal teori tentang komik Keterampilan ·
Membuat gambar komik tema dengan menerapkan teknik
digital tema
PPK Projek Membuat gambar komik dengan menerapkan
teknik Digital Comik strip |
15 JP |
·
Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII ·
Buku-buku lain yang relevan ·
Informasi melalui internet ·
Pameran |
|
|||||||
Aspek : Seni Musik
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Kelas : VIII
(delapan)
Kompetensi Inti
KI
1 : Menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa
ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,
gotong
royong dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami
dan menerapkan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata.
KI
4 : Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Nilan
karakter |
Alokasi Waktu |
Sumber
Belajar |
|
|||||||
3.1. Memahami teknik dan gaya bernyanyi lagu daerah secara unisono atau
perseorangan
4.1.
Menyanyikan lagu daerah secara
unisono atau perseorangan |
3.1.1 Mampu
menjelaskan pengert ian teknik dalam bernyanyi 3.1.2
Mampumenjelas kan
pengertian unisono 3.1.2
Mampu menyebutkan asal lagu daerah 4.1,1
Menyanyikan
lagu daerah dari jawa secara individu dan kelompok secara unisono |
Gaya bernyanyi Lagu daerah |
Mengamati · Mendengarkan
lagu Daerah yang dinyanyikan secara
unisono secara langsung melalui media elektronik · Melihat
partitur lagu daerah secara Unisono Menanya · Menanyakan
kemampuan suara manusia dengan jenis partitur
suatu lagu. · Menanyakan
tentang jeniis jenis suara manusia · Menanyakan
hubungan sikap dan teknik bernyanyi
dengan kejelasan ucapan dalam bernyanyi Mengumpulkan
Informasi ·
Menyanyikan kalimat lagu dengan bersenandung satu frase satu tarikan nafas ·
Menyanyikan sebuah lagu secara berturut-turut
dengan perubahan nada dasar Menalar/Mengasosiasi ·
Membedakan jenis suara manusia dengan tinggi
rendahnya nada yang ditampilkan (warna suara) Mengomunikasikan ·
Menyanyikan lagu dengan satu suara bersama-sama di kelas ·
Mempresentasikan/tanggapan tentang penampilan
kelompok temannya secara lisan |
Pengetahuan: ·
Penugasan Membuat ulasan tentang teknik bernyanyi
secara unisono dari lagu yang diperdengarkan Keterampilan: · Praktik Bernyanyi secara unisono lagu daerah
Jawa |
Mandiri Tanggungjawab Disiplin kerjasama |
12
JP |
· Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer · Buku teks
pelajaran Seni Budaya Kelas VIII · DVD |
|
|||||||
3.2
Memahami teknik bermain ansambel Musik Tradisional
4.2. Memainkan ansambel dengan
alat Musik tradisional |
|
4.1.1. Mampu
menyanyikan lagu daerah dengan iringan instrumen 4.1.2 Mampu menyanyikan lagu daerah secara unisono |
Mengamati · Mendengarkan
permainan ansambel dengan mengunakan alat musik tradisional · Membaca berita
tentang musik tradisi dan lagu daerah dari media cetak/ internet Menanya ·
Menanyakan teknik menyanyikan lagu daerah dan
tradisi ·
Menanyakan fungsi musik tradisi dan waktu
pergelarannya serta keunikannya Mengumpulkan
Informasi · Mengidentifikasi ciri khas dan keunikan teknik dan gaya
kelompok lagu-lagu daerah · Menyusun klipping tentang ragam keunikan lagu-lagu
tradisi dan lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara kelompok Menalar/Mengasosiasi ·
Menunjukkan
kesamaan penampilan lagu daerah
dengan penampilan di daerah asal lagu yang dinyanyikan Mengomunikasikan · Mempresentasikan/tanggapan secara lisan tentang penampilan kelompok lain |
Pengetahuan: ·
Penugasan Mengidentifika si
ciri khas berbagai alat musik tradisional yang ada di indonesia Keterampilan: · Praktik Memainkan ansambel alat musik
tradisional secara berkelompok · Portofolio Mengelompokkan jenis alat Musik tradisional berdasarkan asal daerah dan cara memainkannya |
|
12 JP |
· Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah
· Buku teks
pelajaran Seni Budaya Kelas VIII · Acara musik di televisi |
|
|||||||
3.3 Memahami teknik dan gaya bermain musik tradisional sederhana secara
perorangan dan kelompok 4.3
Memainkan instrumen musik sederhana secara
perorangan dan kelompok |
|
Alat Musik Tradisional |
Mengamati : · Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara
langsung melalui media elektronik · Mendengarkan
permainan alat musik ansambel Menanya · Menanyakan teknik bermain musik rimis · Menanyakan teknik bermain musik melodis Mengumpulkan
Informasi · Membagi iringan lagu dalam kelompok musik dengan
baik dan benar · Menggubah secara sederhana lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok
musik Menalar/Mengasosiasi
· Membandingkan
kedisiplinan dan kekompakan penampilan · Membandingkan
suara yang bising latihan musik tanpa pembimbing dengan suasana riuh Mengomunikasikan · Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas ·
Mempresentasikan secara lisan atau
tulisan kritik seni |
Pengetahuan: · Penugasan Mengidentifikasi teknik bermain music Keterampilan: · Projek Membuat iringan musik
sederhana · Praktik Bermain
ansambel dengan alat musik ritmis dan
melodis |
|
12
JP |
·
Buku Lagu Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer ·
Buku Paket Seni Budaya Kelas VIII ·
DVD, VCD |
|
|||||||
3.4
Memahami
teknik bermain musik ansambel
tradisional 4. 4 Memainkan ansambel
musik tradisional |
|
Memainkan
Alat musik Tradisional |
Mengamati : · Menyaksikan
pertunjukkan kelompok musik secara tak
langsung · Mendengarkan
permainan musik ansambel Menanya · Menanyakan teknik bermain musik rimis · Menanyakan teknik bermain musik melodis Mengumpulkan Informasi · Membagi iringan lagu dalam kelompok musik dengan
baik dan benar · Menggubah secara sederhana lagu-lagu yang akan dibawakan oleh kelompok
musik Menalar/Mengasosiasi
· Menunjukkan
perbedaan musik tradisi dan musik
moderen Mengomunikasikan · Menampilkan
pertunjukkan kelompok musik di dalam
kelas · Mengiringi
lagu saat pertunjukkan kelompok musik ·
Memberi tanggapan
secara lisan tentang penampilan kelompok lain |
Pengetahuan: · Penugasan Mengidentifikasi musik
tradisi dan musik moden Keterampilan: · Projek Membuat iringan musik
sederhana · Praktik Bermain
ansambel dengan Musik ritmis dan melodis bisa secara langsung atau
melalui rekaman vidio. Bermain
musik harmonis |
|
6
JP |
· Buku Lagu
Wajib lagu Nasional, Daerah dan Populer · Buku Paket
Seni Budaya Kelas VIII · Acara musik di radio dan TV · DVD, VCD |
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar